);]]> Karakter Lada Sambung Melada - Agro Balingga Shop

Karakter Lada Sambung Melada

Karakter Lada Sambung Melada Bibit Harga Rp 15.000 Terbaru 2024 Di BALINGGA SHOP

Penyebab Melada Sambung Lada Mati

Pengalaman petani lada sambung melada di Kabupaten Purbalingga - Salah satu lokasi kebun lada sambung jenis lada india di ketahui banyak yang mati akibat daun menguning, batang cabang buah kering dan pohon lada sebagian mengering. Berikut ini hasil review pada lokasi budidaya lada sambung di kebun lada milik petani di Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga.

Hasil Review Tanaman Lada Sambung

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh, salam sehat dan sukses selalu untuk semua sahabat tani dimanapun berada. Berjumpa kembali bersama Agro Revolution. Pada kesempatan kali ini saya: Prasetyo Nugroho akan sedikit berbagi pengalaman terkait budidaya lada sambung melada dari salah satu sahabat tani di wilayah Kabupaten Purbalingga. tepatnya di Kecamatan Pengadegan desa Pasunggingan.

Awal cerita, kami mendapat info dari teman, ada salah satu kebun lada sambung di desa pasunggingan terkena penyakit hingga banyak yang rontok daun dan tanaman lada mati. Setelah kami konfirmasi ke mitra di wilayah tersebut, ternyata itu benar dan segera kami agendakan untuk mengunjungi lokasi kebun lada sambung tersebut.

Pada 14/06/2023, kami langsung menuju lokasi kebun lada yang di maksud. Dan ternyata memang benar seperti yang kita lihat bersama ini, hampir 50% dari total 600 batang bibit lada yang di tanam mulai terlihat menguning, daun dan batang rontok. Jika melihat dari tekstur daun yang menguning disertai bercak hitam dan rontok serta kondisi batang yang kering, kami belum pernah menemui kondisi tanaman lada seperti ini sebelumnya.

Tanaman lada sambung ini tidak langsung mati dan juga sebagian besar hanya batang pohon primer ladanya saja yang kering dan mati. Dan batang lada yang kering seperti ini, ke bagian bawahnya tidak kering atau tidak mati, hanya daun dan cabang buahnya yang rontok saja.


Detail Poduk »
Nama Lada Sambung Melada
Kategori Melada Sambung Lada
Harga Rp 15.000
Ketersediaan Tersedia
Stok 5000 Batang
Seller Balingga Shop


Review Produk:

Di pohon lain juga demikian, daun menguning, namun nampak seperti terbakar, seperti halnya over pupuk, jadi kami menduga bahwa ini bukan akibat dari virus atau penyakit yang umum pada tanaman lada seperti: Busuk Pangkal Batang atau fusarium dan lainnya.

Secara umum, batang tanaman bagian atas masih bagus, segar dan kondisi daun berwarna hijau tua. Tanaman lada sambung ini seharusnya sudah waktunya untuk mulai di buahkan, karena tanaman lada saat ini berumur 2 tahun. Pada hari yang sama kami coba hubungi si pemilik kebun untuk mencari tau info penyebab kerusakan pada tanaman lada ini

Setelah cukup banyak kami berbincang, ada poin yang mengindikasikan penyebab kerusakan pada tanaman lada sambung ini, Yaitu, penggunaan sarana sprayer yang tidak steril dan kurangnya komunikasi antar pengguna sprayer atau alat semprot dalam teknis perawatan ini.

Setelah kejadian tanaman lada banyak yang menguning, salah satu pengguna sprayer menceritakan bahwa: alat tersebut sebelumnya telah di gunakan oleh seorang teman untuk menyemprotkan bahan kimia yang digunakan untuk membasmi rumput atau gulma. Mungkin yang di maksud sejenis Roundup, tetapi temannya tidak tau jika sprayer yang di gunakan seharusnya tidak untuk Roundup, karena sprayer tersebut khusus untuk aplikasi pemupukan saja.

Walaupun sudah dicuci dan dirasa bersih, namun zat aktif atau senyawa kimianya tidak serta merta hilang dalam waktu cepat. Dan menurut sumber, selang sprayer ternyata lupa di bersihkan, jadi yang di cuci hanya tangkinya saja, karena pada saat itu si pengguna ada kepentingan dan meninggalkan selang sprayer yang belum di cuci.

Singkat cerita, sebenarnya hendak dicuci saat dia kembali, tetapi alat tersebut terlanjur sudah di gunakan oleh pemiliknya lagi. alhasil tanaman lada sambung yang di semprot cairan pupuk oleh pemiliknya terdampak kimia aktif Roundup. Sahabat tani, sebenarnya hal demikian mungkin berulang kali terjadi, dan bahkan anda sendiri pernah mengalaminya. Jadi menurut kalian apa yang kita dapat dari pengalaman teman tani kita hari ini. Silahkan tulis tanggapan kalian di kolom komentar.

Oke lanjut. Sebenarnya kebun lada ini kami harapkan untuk salah satu percontohan kebun lada sambung, karena pada tahap perawatan tahun pertama, kami yang memberikan SOP perawatan dari mulai pada awal tanam, aplikasi pupuk susulan pertama, pupuk susulan kedua, perundukan atau pemotongan pohon primer yang benar dan lainya.

Mungkin sahabat tani juga sudah melihat video yang kami upload saat kami merunduk tanaman lada di kebun ini, saat itu tanggal 04/08/2022. Ini adalah video pada saat kami merunduk tahun lalu, dimana pohon primer hasil perundukan kami gunakan kembali untuk entres dengan di sambung tanaman melada.

Jadi kesimpulan pada kerusakan kebun lada sambung ini, kita mungkin bisa sepakat bahwa, kerusakan terjadi akibat kelalaian pada saat menggunakan sarana sprayer dan kurangnya komunikasi antar pengguna sarana.

Oke, mungkin sementara seperti itu sedikit info yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat, sampai bertemu di video selanjutnya, salam sehat dan sukses selalu, ahir kata, Wassalamu'alaikum warohmatulloh wabarokatuh.

(896)