);]]> Cara Menyambung Melada - Agro Balingga Shop

Cara Menyambung Melada

Cara Menyambung Melada Bibit Harga Rp 20.000 Terbaru 2024 Di BALINGGA SHOP

Teknik Menyambung Melada Dengan Lada

Ada 3 cara mudah menyambung melada dengan lada/merica yang bisa kita lakukan guna menunjang proses propagasi tanaman lada atau perbanyakan tanaman lada. Inilah 3 Cara sambung melada dengan lada yang umum di terapkan pada budidaya bibit lada sambung,selain dengan petunjuk gambar, kami juga menyediakan video di bawah post ini:

  1. Sambung melada potongan 2 ruas
  2. Sambung melada berakar dalam polibek
  3. Sambung melada berakar di lahan tanam / kebun

Alat & Bahan yang kita perlukan ialah:

  • Cater atau dengan pisau okulasi.
  • Tali pengikat (plastik okulasi/graffting tape & sejenisnya).
  • Melada / Piper Colubrinum.
  • Entres Lada
  • Plastik Sungkup (Sesuai kebutuhan)

1.Penyambungan melada potongan 2 ruas.

Yang kita perlukan ialah menyediakan entris lada & batang melada.

Selanjutnya batang melada kita potong 2 ruas atau -+ 30cm, kemudian kita belah tepat pada bagian atas di posisi tengah batang melada sedalam -+ 3cm. Selanjutnya kita runcingkan entres lada atau kita bentuk pola v dengan panjang menyesuaikan kedalaman belah batang melada...Kemudian kita satukan pada batang melada yang sudah kita belah dengan cara memasukan sampai tertutup bagian entres lada yang kita pola v tadi dan kita ratakan satu sisi antara batang melada & entris lada seperti gambar di bawah ini.

Cara Menyambung Melada Dengan Lada

Gambar di atas menunjukan bagaimana langkah langkah penyambungan melada dengan entres lada.

Setelah itu kita lakukan pengikatan menggunakan tali ikat yang sudah kita sediakan,,kali ini kami menggunakan plastik yang kami iris dengan lebar -+ 2 cm kemudian ikat dengan posisi ujung tali yang pendek pada bagian bawah seperti ini lalu ikat memutar ke bagian atas dan kembali ke bagian bawah kemudian kunci ikatan seperti ini lalu potong tali plastik mendekati ikatan kemudian kita letakan pada polibek lalu sungkup menggunakan plastik.

Cara Menyambung Melada Dengan Lada

Nah..pada metode penyambungan ini kami sangat Tidak merekomendasikan karena, batang melada yang kita gunakan belum berakar, apabila rekan" ingin menyambung dengan batang melada ini kami sarankan agar batang melada di semai terlebih dahulu -+ 4 bulan barulah nanti boleh di sambung saat akar melada sudah banyak yang keluar dari polbek.

2.Penyambungan melada berakar dalam polibek.

Yang kita perlukan ialah menyediakan entris lada & melada berakar dalam polibek seperti ini.
Selanjutnya potong melada pada ruas ke dua atau minimal 20cm ke atas dari rata polibek ..Kemudian lakukan pembelahan melada dan pembentukan pola v pada entris lada seperti pada cara pertama.
Nah..Di antara 3 metode sambung entris lada dengan melada,, cara inilah yang paling kami sarankan karena,,kondisi batang melada sudah berakar serta cara ini sangat efektiv dan presentase hidup serta kelayakan tanamnya paling tinggi di antara cara sambung lainnya.
Untuk entris lada usahakan jangan terlalu tua atau terlalu muda baik menggunakan cara sambung pertama,,kedua atau yang ketiga. Selengkapnya silahkan lihat di video kami.

Jika menggunakan melada berakar umumnya umur sambung 1 sd 2 minggu sudah mulai tumbuh tunas -+ panjang tunas seperti ini, umumnya batang melada juga tumbuh tunas, jadi usahakan rutin per 1 sd 2 minggu untuk membuang tunas melada seperti pada contoh ini,, dan pada umur 3 sd 4 minggu sudah bisa di buka plastik sungkupnya jika menggunakan sungkup satuan,, bahkan bisa di lepas tali ikat sambungannya seperti ini,,namun kami sarankan buka tali ikatan minimal pada umur sambung 2 bulan,  Dan bibit lada sambung bisa di keluarkan dari sungkup apabila menggunakan sungkup besar seperti ini. Dan jika menggunakan sungkup besar biasanya tidak menggunakan sungkup satuan seperti yang tadi.
Proses pengeluaran bibit dari sungkup di wajibkan sebagai langkah awal karantina atau aklimatisasi (maksud dari karantina disini ialah perpindahan posisi tanaman dari tempat awal semai ke tempat lain dengan tujuan agar tanaman mudah beradaptasi serta mengurangi stres saat nantinya bibit siap di distribusikan).

Keunggulan Melada sambung lada

Detail Poduk »
Nama Lada Sambung Melada
Kategori Melada Sambung Lada
Harga Rp 20.000
Ketersediaan Tersedia
Stok 5000 Bibit
Seller BALINGGA SHOP

3.Penyambungan melada di lahan tanam atau di kebun.

Yang kita perlukan ialah tanaman melada yang sudah hidup dan berada pada lokasi lahan tanam seperti ini.

Untuk langkah langkah penyambungannya sendiri sama seperti pada cara yang pertama dan kedua silahkan lihat di video.

Dan itulah 3 cara sambung melada dengan entres lada sesuai dengan pengalaman kami, terima kasih untuk semua sahabat tani di manapun berada yang sudah bergabung bersama agro revolution, salam sehat & sukses selalu,,sampai jumpa di video selanjutnya.

Video Cara Budidaya Lada Sambung

(896)