);]]> Lada Sambung Purbalingga - Agro Balingga Shop

Lada Sambung Purbalingga

Lada Sambung Purbalingga Bibit Harga Rp 15.000 Terbaru 2024 Di BALINGGA SHOP

Lada Sambung Melada

Melada sambung lada - Pertanian Lada Sambung di Kabupaten Purbalingga saat ini sudah banyak di lakukan pada beberapa perkebunan rakyat, selain itu lada sambung (Okulasi Lada Melada) juga di budidayakan oleh salah satu lembaga desa di kecamatan kejobong tepatnya di desa langgar, selain itu sudah sejak puluhan tahun lalu Purbalingga menjadi pusat pembibitan lada setek, bibit lada setek bersertifikat varietas Natar 1 saat ini di miliki oleh Kelompok Tani Margo Utomo Desa Kedarpan (Lihat Maps Rute Ke Kelompok Tani Margo Utomo Desa Kedarpan). Perbanyakan tanaman dengan cara sambung (Okulasi) sudah di terapkan pada banyak negara termasuk di indonesia. Pada metode lada sambung, batang bawah (Rootstock) menggunakan Tanaman Melada yang mempunyai nama ilmiah Piper Colubrinum dan entris menggunakan batang tanaman lada/merica. Melada di gunakan sebagai batang bawah karena tanaman melada memiliki perakaran yang kuat, melada memiliki akar udara dan akar serabut. Endemik tanaman melada ialah rawa atau lokasi berair, informasi lain menyebutkan tanaman melada berasal dari pinggiran perairan hutan amazon.

Lada Sambung Purbalingga
Bibit Lada Sambung & Melada

BALINGGA SHOP Bersama mitra bersinergi serta saling melengkapi untuk menghasilkan kualitas bibit lada sambung melada yang di harapkan, berbagai teknik di lakukan sebelumnya agar supaya mendapatkan hasil bibit lada sambung yang maksimal serta memenuhi syarat tanam, mulai dari perlakuan batang bawah melada dan pemilihan entris lada dll.

Kebun Induk Melada (Mini Metode)
Kebun Induk Melada (Mini Metode)

Di ketahui Penyambungan lada ini sebelumnya telah dilakukan di India dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan penyakit phythoptora, yaitu dengan menyambung lada varietas Panniyur dan Karimunda sebagai batang atas dengan Pipercolibrinum (Melada) sebagai batang bawah (2007).

Mengutip Jurnal Agrotek Tropika Unila, Lada sambung merupakan hasil grafting tanaman lada dengan melada sebagai batang bawah yang memiliki keunggulan dari segi ketahanan terhadap penyakit Busuk Pangkal Batang Lada, cekaman kelebihan air, dan pertumbuhan yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pertumbuhan antara bibit lada biasa, melada, dan lada sambung, mengetahui pengaruh sistem pembibitan jenuh air terhadap pertumbuhan bibit lada (Piper nigrum), melada (Piper colubrinum), dan lada sambung, serta mengetahui interaksinya terhadap pertumbuhan bibit lada.

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2020 hingga Maret 2021 di Desa Air Kubangan, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan dua faktor dan tiga ulangan. Faktor pertama jenis lada terdiri dari jenis lada biasa, lada sambung, dan melada; faktor kedua sistem pembibitan jenuh air terdiri dari polybag tanpa digenang, digenang, dan digenang + pupuk daun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bibit melada memberikan respon pertumbuhan yang baik terhadap kondisi jenuh air yaitu perlakuan polybag digenang air dan polybag digenang air yang ditambah pupuk daun yang ditunjukkan oleh variabel tinggi tanaman, diameter batang, luas daun, bobot kering tunas, dan indeks kualitas bibit.

Bibit Tanaman Melada
Bibit Tanaman Melada

Bibit melada dalam polybag yang digenang air + pupuk memberi pertumbuhan yang paling baik. Perakaran bibit lada sambung (lada/melada) tumbuh lebih cepat daripada lada biasa (tanpa sambung) yaitu pada variabel jumlah akar dan bobot segar akar. Perakaran bibit lada sambung dan melada menunjukkan sifat yang lebih toleran terhadap cekaman jenuh air. Sebagai interaksi batang bawah dan batang atas, pertumbuhan akar lada sambung berada di antara pertumbuhan akar lada biasa dan melada.


Detail Poduk »
Nama Lada Sambung Melada
Kategori Lada Sambung
Harga Rp 15.000
Ketersediaan Tersedia
Stok 5000 Bibit
Seller BALINGGA SHOP

Review :

Dengan adanya Kebijakan Pengembangan Tanaman Obat (Di kutip dari https://balittro.litbang.pertanian.go.id/Warta-33-No.-66-Desember_2016) di mana lada sambung lada liar (Rinu) sudah pernah di lakukan uji, dan hasil uji menunjukan hasil paling baik penyambungan lada + rinu terdapat pada varietas lada Petaling 1 dengan presentase 75%. Beberapa faktor yang diduga menyebabkan masih rendahnya tingkat keberhasilan penyambungan adalah :

  1. Perbanyakan lada liar rinu sebagai batang bawah berasal dari setek cabang buah karena untuk mendapatkan setek dari sulur panjat dan dari biji sangat terbatas. Untuk mendapatkan ukuran yang sama antara batang bawah dari setek cabang buah dengan batang atas dari sulur panjat lada budi daya sangat sulit.
  2. Cabang buah yang akan di sambung sebagian besar diameternya lebih kecil di bandingkan batang atas lada budi daya yang berasal dari sulur panjat. Perbedaan ukuran diameter yang cukup besar antara batang bawah dan batang atas menyebabkan adanya rongga diantara bidang sambung. Apabila air yang berasal dari penguapan kerudung plastik masuk ke rongga tersebut menyebabkan bidang sambung membusuk .Pertumbuhan sambungan dari ketiga varietas lada rata-rata tidak jauh berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kompatibilitas sambungan lada liar rinu sebagai batang bawah dengan
Lada Sambung Purbalingga

Selain info di atas masih banyak lagi informasi terkait Melada sambung lada atau Lada Sambung di situs/website kredibel yang bisa anda cari sendiri di search enggine atau bisa klik DI SINI

INFO LADA SAMBUNG - PURBALINGGA

Lada Sambung Melada Adalah?

Hasil okulasi dari entris tanaman lada sebagai batang atas dan batang bawah menggunakan tanaman melada/pipercolubrinum. Tanaman melada di gunakan sebagai batang bawah (rootstock) karena melada memiliki perakaran yang kuat dan tahan terhadap penyakit Busuk Pangkal Batang (BPB) yang di sebabkan oleh Phytophthora capsici.

Beli online atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami. Klik Di Sini untuk info selengkapnya.

Apa Itu Melada?

Melada atau Piper Colubrinum adalah tanaman yang berasal dari hutan Amazon, Tanaman ini biasanya hidup di sekitar perairan sungai amazon. Tanaman melada satu jenis dengan Lada atau Merica ( Piper nigrum ), dan di indonesia sendiri lebih terkenal Melada/malada.

Di Mana Lokasi Pembibitan Lada Sambung?

Di Google Maps BALINGGA SHOP - AGRO BALINGGA Rt/Rw 005/002 Desa Kedarpan Kecamatan Kejobong Purbalingga Jawa Tengah Tlp 0815-6767-2339.

Klik Di Sini Untuk info lain terkait bibit lada sambung.

Ada Berapa Jenis Lada Sambung?

Berdasarkan bibit, lada sambung memiliki 2 jenis yaitu jenis panjat dan jenis perdu dan beberapa varietas jika di kategorikan berdasarkan varietas lada. Varietas natar, ciinten, dll.

Apa Keunggulan Lada Sambung?

Memiliki sifat ketahanan yang lebih baik terhadap penyakit Busuk Pangkal Batang, tingkat pertumbuhan yang lebih cepat dan mulai berbuah pada umur setelah tanam -+ 8 bulan sampai dengan 14 bulan (penggunaan setek lada sulur panjat sangat berpengaruh di banding sulur gantung dan sulur cacing).

Apa Kelemahan Lada Sambung?

Lada sambung melada saat ini masih dalam pengembangan, baik dalam teknik dasar budidaya di pembibitan dan penyebaranya di berbagai wilayah di indonesia. Kelemahan/kekurangan lada sambung sudah di publikasikan secara akademik namun, dalam hal ini masih perlu di uji secara bertahap di karenakan beberapa faktor berhasilnya lada sambung juga masih perlu di pelajari.
(896)